Miliarder muda pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, merupakan pengusaha yang sangat populer. Di usianya yang belum mencapai 30 tahun, ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Mark dikenal sebagai konglomerat yang menerapkan kesederhanaan dalam gaya hidup. Misalnya dari gaya Mark berpakaian, ia hampir setiap saat memakai pakaian santai mengenakan kaos abu-abu.

Banyak orang yang menjadikan Mark Zuckerberg sebagai inspirasi untuk menjadi pengusaha sukses. Nah apa sajakah poin-poin agar Anda menjadi pengusaha sukses yang dapat dipelajari dari Mark? Berikut ulasannya:

  1. Lakukan Hal Penting Yang Bisa Kamu Lakukan
    • Mark menjalani hari-harinya dengan membuat skala prioritas tentang hal yang akan dilakukannya. Menurut pengakuannya, hampir setiap hari dia terbangun dengan pertanyaan 'Apakah aku telah melakukan hal terpenting yang bisa aku lakukan?' Membuat skala prioritas ini akan membuat Anda fokus terhadap permasalahan–permasalahan yang menuntut perhatian Anda terlebih dulu, sehingga Anda tidak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak terlalu penting.
  2. Ingatlah Bahwa Sukses Ada Setelah Kegagalan
    • Sebelum ia sukses seperti sekarang, ia juga pernah mengalami kegagalan. Sebelum ia berhasil membuat Facebook yang kini hampir semua orang menggunakannya, ia lebih dulu membuat situs bernama Facemash. Namun ternyata Facemash ini tidak berkembang baik, atau mungkin bisa juga dibilang gagal. Namun dari kegagalan ini Mark justru bisa berinovasi dan belajar dari kegagalannya dengan membuat Facebook.
  3. Temukan Hal Yang menjadi Passion
    • Salah satu point sukses yang dapat ditiru dari Mark Zuckerberg adalah passionnya untuk mengembangkan situs Facebook miliknya. Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passion Anda, maka Anda akan memiliki energi untuk berusaha semaksimal dan sebaik mungkin. Ini juga berarti Anda akan memiliki energi untuk bangkit saat bisnis Anda mengalami masalah.
  4. Persiapkan Dirimu dari Beragam Kritik
    • Setelah menyakini prinsip dan kata hati Anda, Anda harus mulai menyiapkan diri untuk beragam kritik, baik kritik yang menyerang maupun kririk yang membangun ditujukan untuk Anda. Facebook tidak akan mungkin bisa sebesar sekarang jika Mark tidak siap dengan kritik–kritik hingga pelarangan situs Facebook dari beberapa penjuru dunia.
  5. Tetapkan Tantangan–tantangan Pribadi
    • Tahukah Anda jika setiap tahunnya Mark Zuckerberg memiliki resolusi tahunan yang ingin diwujudkannya? Bahkan pada tahun 2010 yang lalu Mark rela belajar bahasa Mandirin agar bisa berkomunikasi dengan keluarga Priscilla Chan, istrinya yang merupakan keturunan Amerika–China.
  6. Jangan Takut Buat Ambil Risiko
    • Facebook pada awal berdirinya adalah 'Larilah dan jangan takut untuk menjadi beda!' Motto seperti inilah yang ditanamkan Mark pada pegawai–pegawainya. Dan dengan budaya 'trial and error' inilah Facebook kemudian dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu situs terbesar di dunia.
  7. Tetaplah Rendah Hati dan Sederhana
    • Walaupun ia menjadi seorang miliuner muda, Mark Zuckerberg tidak lantas menghambur-hamburkan uang. Dibandingkan untuk memilih mobil–mobil mewah dan rumah megah, ternyata mark lebih memilih untuk fokus mengembangkan Facebook, bahkan untuk ini dia lebih memilih untuk tinggal di Palo Alto, dekat kantor Facebook.
  8. Bekerjasama Dengan Orang–orang Yang Bisa Saling Melengkapi
    • Sebuah kesuksesan tidak bisa dicapai seorang diri. Oleh karena itu cobalah bekerjasama dengan rekan yang mampu melengkapi kekuarangan dan kelebihan yang Anda miliki saat ini.
  9. Biarkan Saja Orang Meremehkanmu
    • Pada sebuah wawancara Mark mengatakan dia lebih nyaman untuk berada di lingkungan yang meremehkannya. Menurutnya, hal ini secara personal memberikan ruang gerak yang lebih bebas baginya dan diremehkan orang lain membuatnya ingin 'balas dendam' dengan mengejutkan mereka melalui apa yang bisa dilakukannya.

Itulah point sukses dari Mark Zuckerberg, ikuti dan terapkan saat Anda menjalankan bisnis. Pelajari apa yang terjadi antara Facebook dan Dunia.

Semoga berhasil..